Pengertian Memar Otak dan Jenisnya

Definisi Gambar Memar Otak

Memar atau lebam adalah suatu jenis cedera pada jaringan biologis karena kerusakan kapiler darah yang menyebabkan darah merembes pada jaringan sekitarnya yang biasanya ditimbulkan oleh tumbukan benda tumpul. Jenis memar bermacam-macam tergantung dari apa yang menjadi penyebabnya seperti , , dan . Memar ini menimbulkan daerah kebiru-biruan atau kehitaman pada kulit. Bila terjadi pendarahan yang cukup, timbulnya pendarahan didaerah yang terbatas disebut hematoma. Memar dapat menimbulkan rasa sakit tetapi umumnya tidak berbahaya. Memar kadang dapat menimbulkan akibat serius, menyebabkan suatu bentuk yang lebih mengancam jiwa yang dikenal dengan nama hematoma dan juga dapat dikaitkan dengan cedera lain yang lebih serius misalnya patah tulang atau pendarahan dalam. Memar kecil mudah dikenali karena karakteristik warna biru atau ungunya beberapa hari setelah terjadinya cedera. Nyeri pada memar biasanya ringan sampai sedang dan pembengkakan yang menyertai sedang sampai berat. Adapun memar yang mungkin terjadi pada daerah kepala, bahu, siku, tangan, dada, perut dan kaki. Benturan yang keras pada kepala dapat mengakibatkan memar otak dan memungkinkan luka sayat. Berikut adalah macam-macam memar:

  • Memar Kulit

Memar Kulit

Ini yang paling sering terjadi. Apabila pembuluh-pembuluh darah itu terbentur, mereka pecah dan meneteskan darah ke lapisan-lapisan kulit terbawah. Lapisan kulit paling atas sama sekali tidak memiliki pembuluh darah. Ia bertugas untuk menjaga agar darah jangan sampai mengalir keluar. Jika darah sampai keluar, maka akan menyebabkan luka. Kadang-kadang luka juga bisa dikelilingi oleh memar.

Gejala Gegar Otak

Bila otak manusia terbentur sangat keras pada tengkorak bisa mengalami memar otak. Prosesnya dimulai ketika kantung pertama dari tiga kantung pelindung otak terkelupas. Darah mengalir keluar dari otak dan masuk ke dalam kantung kedua. Orang yang mengalami bisa pingsan atau hilang kesadaran dalam jangka waktu yang lama.

  • Memar Mata

Memar Mata

Peri artinya sekeliling orbital menunjuk pada mata. Ecchymosis adalah yang terjadi apabila darah lolos dari pembuluh menuju ke jaringan di sekitarnya. Mata sendiri tidak benar-benar berubah menjadi ungu atau biru, hanya kulit di sekitar mata itulah yang berubah warna. Kadang pembuluh darah halus di mata bisa pecah dan membuat mata menjadi merah.

  • Memar Kuku

Memar Kuku

Contohnya ketika tangan terjepit pintu atau terpukul dengan palu. Kuku sendiri tidak memar, yang mengeluarkan darah adalah kulit di bawah kuku. Masalah dengan memar ini adalah tekanan, tekanan menyebabkan rasa sakit.

Berikut adalah cara mengatasi memar:

  1. Untuk mempercepat proses penyembuhan (memar kulit), bungkusan es batu adalah salah satu cara yang efektif pada hari pertama. Bungkusan es tersebuat bisa di tempelkan langsung ke kulit. Setelah lewat hari pertama, hangatkanlah bagian tersebut.
  2. Krim vitamin K atau krim arnica bisa membantu menghilangkan memar lebih cepat. Meskipun memar di bagian bawah tubuh (misalnya kaki) biasanya lebih lambat sembuh dibandingkan memar di lengan.
  3. Bebat memar di kaki dengan perban elastis akan menghentikan pendarahan dengan lebih cepat, sehingga tidak menjadi terlalu parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *